Tombol Masuk Menu BIOS untuk Semua Jenis Laptop

By | 24/03/2019

Erapemuda.ComTombol Masuk Menu BIOS untuk Semua Jenis Laptop. Fungsi dari BIOS digunakan untuk konfigurasi sistem paling dasar, seperti tanggal, boot drive, memory video, dll. Jarang sekali pengguna akhir atau konsumen mengotak-atik atau mengubah pengaturan pada BIOS karena jika salah pengaturannya bisa membuat Laptop atau komputer menjadi eror, sehingga cara masuk ke menu BIOS sengaja di bikin ribet supaya tidak mudah di ubah.

pejuang toga

Salah satu fungsi BIOS yang biara digunakan orang adalah ketika akan melakukan install ulang laptop. Pasti kalian harus masuk ke BIOS dulu sebelum masuk ke langkah install ulang. Namun masih banyak yang belum tau tombol apa yang di tekan untuk masuk ke Bios karena setiap laptop memiliki tombol yang berbeda untuk masuk ke menu Bios. Baca Juga: Perbedaan Dasar antara RAM dan VRAM

Untuk masuk ke menu BIOS, pertama kenali merek Laptop. Setelah tau jenis leptopnya, kita mulai ketika Laptop dalam keadaan mati / shutdown. Setelah itu hidupkan laptop dan saat laptop mulai memperlihatkan Merek Laptop dan belum menampilkan Operasi Sistem yang anda gunakan, maka disaat itulah anda bisa masuk ke Bios dengan menekan tombol untuk masuk ke menu Biosnya. Untuk membedakan cara masuk ke Bios tersebut, Baca Artikel berikut untuk menegtahui daftar lengkap cara masuk ke Bios dengan laptop yang berbeda-beda.

Tombol Masuk BIOS untuk Semua Jenis Laptop

Asus
Untuk masuk ke Bios laptop Asus anda harus menekan tombol F2 dan DEL secara bergantian sampai laptop diarahkan ke Bios.

Acer
Untuk masuk ke Bios laptop Acer anda harus menekan tombol F2 (pendam) sampai laptop diarahkan ke Bios.

COMPAG
Untuk masuk ke Bios laptop Compag anda harus menekan tombol F10 saat laptop berkedip atau dalam beberapa kasus anda harus menekan tombol F10 ketika logo (Merek Laptop) Compag muncul.

DELL
Untuk masuk ke Bios laptop Dell sangat berbeda dengan laptop merek lain, yang harus anda tekan adalah tombol CTRL+ALT+ENTER (untuk beberapa merek dari Dell harus menekan tombol Reset setelahnya sebanyak 2 kali), lakukan sampai laptop diarahkan ke Bios. Baca Juga: Tips Membeli Laptop Second yang wajib kalian ketahui

LENOVO
Untuk masuk ke Bios laptop Lenovo hampir sama dengan laptop Asus, namun yang harus anda tekan adalah tombol F2 dan tombol FN secara bersamaan sampai laptop diarahkan ke Bios.

Phoenix
Untuk masuk ke Bios laptop Phoenix anda harus menekan tombol CTRL+ALT+S atau bisa juga dengan hanya menekan CTRL+S saja.

Sony
Untuk masuk ke Bios laptop Sony sama halnya dengan halnya laptop Acer yaitu hanya menekan tombol F2.

Toshiba
untuk masuk ke Bios laptop toshiba keluaran lama biasanya menggunakan tombol ESC, namun untuk keluaran terbaru anda harus menekan tombol F2 sampai laptop diarahkan ke Bios.

HP
Untuk masuk ke Bios laptop Phoenix anda harus menekan tombol Esc, F10 atau F11 saja

Selain itu, informasi lain yang harus anda ketahui adalah, terdapat beberapa jenis laptop yang harus menggunakan kombinasi tombol Fn dengan salah satu dari daftar tombol diatas. Jadi, ketika anda mencoba tombol diatas dan tidak berhasil, sementara pada keyboard Laptop anda terdapat tombol Fn, maka cobalah untuk mengkombinasikannya.

Itulah Tombol-tombol yang digunakan di setiap laptop untuk dapat masuk ke menu Bios. Jika ada jenis laptop yang anda gunakan tidak terdaftar atau tidak saya sebutkan, silahkan tanyakan pada kolom komentar, Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.
Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *