TIPS DAN TRICK TERBARU LULUS SNMPTN DAN SBMPTN

By | 22/02/2015
http://1.bp.blogspot.com/-pdK9zRfMwcw/UkAesEQ0T1I/AAAAAAAAAbU/9L7mhaPzdo0/s1600/snmptn.png

Hallo sobat semuanya kembali lagi di blog saya. Topic kali ini seputar dengan penerimaan mahasiswa baru jalur undangan atau yang saat ini disebut dengan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). PTN Favorit? ITB? UGM? UI? Mungkin menjadi idam-idaman bagi mayoritas siswa atau siswi Sekolah Menengah Atas yang berada di semester Akhir. Setiap siswa/siswi berhak untuk mengikuti seleksi SNMPTN undangan.  Jumlah PTN yang banyak di Indonesia, dan Jurusan yang banyak menjadi incaran para calon mahasiswa baru. Kuota SNMPTN yaitu 50% dari kuota keseluruhan kuota penerimaan mahasiswa baru per Perguruan Tinggi Negeri.  Proses penyeleksian dilakukan oleh pihak si PTN, dan Siswa/siswi dalam pendaftarannya yaitu dengan mengisi PDSS atau pangkalan Data apalah pokonya. Selain nilai dari semester 1 – 5, juga ada borang pengisian upload piagram prestasi. Dengan proses penyeleksian yang ketat, maka tidak mudah untuk dapat tembus ke PTN yang dipilih. Apalagi pilihan yang dipilih merupakan PTN favorit dan Jurusan Favorit.
Nah disini ada sedikit tips and trick untuk menghadapi SNMPTN untuk agan/aganwati yang masih galau dalam menentukan kemana arah tujuan setelah lulus.

Berikut tips dan trick menghadapi SNMPTN :

  1. Cari-cari info seputar PTN yang ingin dipilih pastinya
  2. Perhatikan nilai kita dan sesuaikan dengan jurusan apa yang kita pilih, semisal nilai matematika   jeblok tapi pengen masuk jurusan Matematika murni, coba dipikir ulang, walaupun gak mustahil ada kesempatan keterima juga. Allahualam
  3. Apabila ada piagam/sertifikat lomba, utamakan piagam lomba yang jenisnya bertingkat. Seperti OSN, O2SN, FL2SN dan lain-lain.
  4. Pilihan pertama isikan jurusan yang benar-benar anda minati.
  5. Jangan terlalu nge-sok nilai gede dan jangan meremehkan orang lain.
  6. Perhatikan saingan dari wilayah local dulu (Saingan dari SMA sendiri), Apabila ada siswa/siswi yang juga memiliki minat jurusan dan PTN yang sama dengan kita, coba bicarakan dengan dia, dan kebanyakan kalau ada 2 atau lebih siswa/siswi yang memiliki pilihan yang sama, maka akan terjadi seperti saling membunuh satu sama lain, karena apabila  yang satu keterima, peminat yang satunya kemungkinan besar tidak diterima.
  7. Mencoba realistis dengan kemampuan (sudah dewasa tak perlu dijelaskan), tapi kalau mau memilih sesuatu yang diluar batas kemampuan juga tidak dilarang asalkan sanggup dan akan sedia berbesar hati menerima konsekuensi.
  8. Bagi jurusan IPA utamakan memilih prodi Saintek (Sains Teknologi), dan IPS utamakan memilih Soshum (Sosial Humaniora)
  9. Mencoba yakin lah dengan apa yang kita pilih. Jangan ada keraguan, karena keyakinan dan keraguan tersebut merupakan sugesti.
  10. Harus optimis jangan pesimis tapi tidak boleh maksimis
  11. INGAT!!! Jangan memilih jurusan hanya karena gengsi.
  12. Sering-sering konsultasi kepada Guru terkhusus guru BK/BP
  13. Berdo’a kepada Tuhan minta petunjuk (bagi yang muslim silakan sholat istikharoh semoga mendapat petunjuk yang benar dan tidak salah jalan)
  14. BERTAUBATLAH! (apabila selama ini merasa diri banyak kesalahan dan dosa maka bertaubatlah dan meminta ampun kepada Tuhan yang utama dan meminta maaf kepada orang-orang yang pernah kita lukai atau kita buat kecewa)
  15. Perbanyak Sedekah. Perlu diingat bahwa sedekah bukan mengurangi harta kita dengan sia-sia, Tuhan pasti akan membalas kebaikan amal yang kita lakukan. Karena dianalogikan seperti ada gelas berisi air apabila isinya diminum air nya akan berkurang, tapi dalam waktu cepat atau lambat si peminum/pemberi minum akan mengisi kembali air di gelas tersebut, dan apabila air tersebut tidak diminum-minum maka tidak akan ditambah-tambah. Sama saja ibaratkan seperti rezeki kita.

saya disini ane gak bermaksud mengintimidai atau ada unsur merendahkan segala macam, hanya sekerdar saran yang diambil ya monggo tidak ya tidak apa-apa. Dan ane ingatkan bahwa tak ada yang tak mungkin atas segala kehendak Tuhan, mungkin ini itu pilihan dan minat kita tetapi pada akhirnya Tuhan akan menentukan. Jangan pesimis terus optimis, optimis bukan berarti sombong. Selalu ada jalan bagi yang terus berdoa dan berusaha.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pengetahuan untuk kalian. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tuliskan di kolom komentar.
Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *