Strategi JITU Memilih Jurusan

By | 11/01/2019
pejuang toga

Hallo sobat erapemuda.com kalian sudah tahu jurusan apa saja yang akan kamu pilih saat Ikut Test SBMPTN ?  Banyak orang yang mengatakan bahwa memilih jurusan sama saja seperti memilih keberuntungan. Hal ini berlaku untuk semua jenis tes masuk, Ujian Mandiri (UM) atau SBMPTN. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini erapemuda akan membagikan strategi lengkap bagaimana caranya untuk memilih jurusan saat kuliah yang tepat. Karena apabila kalian sudah mempersiapkan sejak dini jurusan yang akan kalian pilih maka kuliah pun akan terasa menyenangkan. Untuk lebih jelasnya kalian simak artikel ini sampai selsai ya….

Strategi Memilih Jurusan:

1. Kenali Potensi Diri Kamu

Apakah kamu sudah mengenali diri dengan baik?  Kalau belum, kamu harus mulai mencari tahu nih diman diri kalian akan merasa nyaman dan senang. Hal ini penting untuk mengetahui jurusan apa yang cocok dengan sifat dan karaktermu. Kalian coba mulai bertanya sama diri sendiri serta menggali potensi kalian,  hal-hal apa saja dalam bekerja yang kamu suka dan tidak suka. Triknya sangat simple kalian bikin list-nya untuk lebih mengerucutkan bidang apa yang sesuai. Karena jika kalian tidak mengenali diri kalian pada saat menentukan jurusan maka kuliah kalian hanya akan menjadi beban, so kenali diri kalian dari sekarang.

2. Cari Jurusan yang Membuatmu Penasaran

Kamu juga harus mulai cari tahu tentang hal-hal yang selalu membuatmu penasaran, dan tertantang. Kenap begitu? Karena ketika kita penasaran akan satu jurusan maka kita akn sungguh-sungguh untuk mengetahuinya, tapi ikan semua itu harus kalian pertimbangkan dari list yang kalian buat ya. Langkah awal mulailah dengan melihat daftar jurusan-jurusan kuliah beserta ulasan singkatnya serta carilah informasi sebanyak-banyaknya. Jurusan manakah yang paling membuatmu tertarik untuk mendalaminya? Setelah itu, cocokkan jurusan tersebut dengan sifat dan karaktermu sehingga akan terpilih jurusan yang benar-benar sesuai dengan karakter serta keinginanmu.

Baca Juga: Jenis-jenis Pendidikan Tinggi dan Perguruan Tinggi di Indonesia

3. Pertimbangkan Tingkat Persaingan Jurusan

Setelah menemukan jurusan yang memang sesuai dengan passion kamu maka cari tahu lagi seberapa tinggi tingkat persaingannya. Kita harus berfikir realistis karena tidak Cuma kita yang mencari jurusan terbaik, masih banyak lagi orang diluar sana yang mungkin menginginkan jurusan yang sama denganmu. Biasanya jurusan-jurusan yang banyak peminatnya memang memiliki tingkat persaingan  tinggi. Untuk mengetahui tingkat persaingan dijurusan idamanmu maka kamu harus mulai melakukan riset kecil-kecilan mengenai jumlah peminat jurusan tersebut di SBMPTN tahun sebelumnya. Berapa pula kuota penerimaan yang dibuka pada tahun ini serta berapa passing grade yang harus kalian capai.. Dengan begitu, kamu bisa melihat seberapa besar peluang dan seberapa berat persaingan yang akan kamu hadapi sehingga kamu dapat mempersiapkan strategi untuk lulus di jurusan tersebut.

4. Kombinasikan Universitas Pilihanmu

Ketika kita sudah melakukan riset dan tau bagaimana persainganya, disinilah kalian harus mulai menyusun strategi, sebaiknya kamu tidak memilih jurusan di satu universitas yang sama karena hal tersebut bisa saja mengurangi kemungkinan kamu untuk lolos SBMPTN. Coba deh kamu gabungkan beberapa universitas lain sebagai pilihan. Lalu kamu cek mana yang persaingan di universitasnya sesuai dengan kemampuanmu. Ingat jangan lupakan hasil riset kalian karena strategi memilih jurusan ini sangat membantu kalian untuk lolos ABMPTN sesuai dengan yang kalian inginkan.


5. Pertimbangkan Passing Grade Hasil Try Out

Setelah semua sudah kalian persiapkan, saatnya kalian ukur kemampuan kalian. Bagaimana caranya? Dari riset yang sudah kalian lakukan pilih 3 jurusan yang memang sudah sesuai, kemudian kalian mulai ukur kemampuan. Setiap Universitas memiliki passing grade yang berbeda meskipun jurusanya sama, oleh sebab itu perbanyak pengetahuan kalian mengenai soal-soal yang kalian hadapi. Caranya adalah kumpulkan soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya kemudian kalian coba kerjakan, unruk menguji kemampuan kalian ikutilah berbagai macam Try Out yang ada karean itu merupakan latihan yang paling efektif. Dari hasil Try Out yang kalianraih maka darisana kalian bisa melihat berapa pssing grade yang dapat kalian raih, kemudian sesuaikan dengan jurusan kalian pilih. Berusahalah untuk melampaui passing grade pada saat kalian tru out karena dengan begitu kalian lebih matang mempersiapkany. Meskipun kamu sudah mampu mencapai skor yang diharapkan, kamu tetap perlu menaikkan hasil try out agar lebih aman lagi.

Baca Juga: Tips Jitu lolos SBMPTN 2019

Jadi itulah beberapa strategi memilih jurusan kuliah yang erapemuda bisa bagikan. Kamu harus tahu, seringkali orang menentukan urutan universitas dan jurusan dengan mengurutkan passing grade. Padahal, universitas tidak menggunakan persentase lho sebagai standar untuk lolosnya SBMPTN. Lalu, bagaimana universitas menyeleksinya? Universitas akan mengurutkan hasil nilai peserta SBMPTN yang mendaftar ke universitas tersebut dan memilih nilai-nilai terbaik sebanyak kuota yang dimiliki.

Maka untuk lolos SBMPTN, kamu perlu meningkatkan terus nilai try out agar mendapatkan nilai yang paling memuaskan. Nilai try out yang tinggi bisa didapatkan dari banyak berlatih mengerjakan soal dan terus belajar.
Demikian artikel Strategi memilih jurusan dari erapemuda, semoga bermanfaat dan kalian bisa siterima di PTN yang kalian impikan. Apabila ada pertanyaan silahkan kalian tulis di kolom komentar, Jangan lupa baca postingan lain dari erapemuda.
Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *