Source Code Program Aplikasi Rapor dan Nilai Siswa Sekolah kurikulum 2013

By | 26/08/2020
Source Code Aplikasi Rapor

Pejuangtoga.id – Source Code Program Aplikasi Rapor dan Nilai Siswa Sekolah kurikulum 2013 berbasis web. Source code ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan framework Codeigniter (CI). PHP merupakan bahasa pemrograman server side scripting. Dengan kata lain semua proses eksekusi kode program dilakukan pada sisi server bukan pada sisi klien. Codeigniter merupakan salah satu framework pada bahasa PHP yang sangan populer. Codeigniter menerapkan konsep MVC (Model, view dan Controller). Selain user interface dari aplikasi rapor dan nilai siswa sekolah berbasis web ini menggunakan library bootstrap.

Aplikasi rapor dan nilai siswa kurikulum 2013 berbasis web ini memiliki berbagai fitur dan fasilitas yang menarik serta menunjang kegiatan penyediaan infromasi nilai rapor siswa. Hak aksesnya sendiri pada aplikasi ini terdiri dari 3 level akses, yaitu administrator, guru dan siswa, setiap level akses tentunya mempunyai hak akses yang berbeda juga.

Source Code Program Aplikasi Rapor dan Nilai Siswa Sekolah kurikulum 2013

Fitur yang tersedia pada aplikasi ini meliputi pengelolaan data siswa, data guru, data mata pelajaran, data ekstra kurikuler, data kelas, data wali kelas, informasi nilai dan cetak nilai atau rapor, pengelolaan nilai siswa, siswa berprestasi, catatan kenaikan kelas, cetak leger dan lain sebagainya.

 

Proses Instalasi aplikasi ini sangat mudah, Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstrak pada local server XAMPP atau dalam folder htdocs, selanjutnya buat database baru dengan nama db_raport, kemudian import berkas db_raport2013.sql yang ada di dalam folder db ke dalam database yang barusan kamu buat. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada berkas database.php yang berada di direktori application\config.

‘hostname’ => ‘localhost’,
‘username’ => ‘root’,
‘password’ => ”,
‘database’ => ‘db_raport2013’,
‘dbdriver’ => ‘mysqli’,
‘dbprefix’ => ”,

Sesuaikan konfigurasi dengan setelan yang kamu gunakan, setelah itu buka web browser dan masukan url localhost/rapor2013/. Kamu juga dapat menggunakan akun-akun berikut untuk dapat masuk ke dalam aplikasi sesuai dengan role yang digunakan.

Akun Administrator
Username : admin
Password : super90

Akun Guru
Username : budi
Password : 123

Akun Siswa
Username : 101
Password : 101

Jika kalian masih bingung dengan proses instalasinya kalian dapat menonton video tutorialnya disini.

Unduh Source code Via Google Drive

Unduh Database Via Google Drive

DEMO

Password rar : pejuangtoga.id

Pastikan kalian mendownload keduanya yaitu source code dan databasenya. Semoga postingan saya kali ini bermanfaat buat kalian semua. Kalian juga bebas untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Apabila ada kendala dalah aplikasi dapat menghubungi saya melalui kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *