Setting Macro pada Microsoft Office Excel

By | 23/05/2020
Setting Macro pada Microsoft Office Excel

Pejuang toga – Setting Macro pada Microsoft Office Excel. Pada beberapa artikel di kita membahas mengenai aplikasi yang dibuat menggunakan Microsoft Excel. Dalam membuat aplikasi dan penggunaanya kami  mempunyai permasalahan mengenai setting macro excel.  Permasaalahan macro ini tersebut muncul ketika sebuah file aplikasi berbasis macro dipindahkan ke drive lain, misal sebelumnya file tersebut disimpan di Drive D lalu kemudian dipindahkan ke Drive E.

Hal ini disebabkan oleh settingan macro excelnya kembali ke pengaturan awal atau dalam posisi “Disable all macros except digitally signed macros“, sebelum menggunakanya harus mengatur kembali ke pilihan “Enable all macros“, lalu aplikasi dapat berfungsi dengan baik.

Namun yang menjadi permasalahaan adalah ketika PC atau laptop dimatikan maka settingan macro ini kembali ke pengaturan awal. oleh sebab itu pada artikel ini kita akan membahas bagaimana caranya setting Macro pada Microsoft Office Excel

Cara Setting Macro pada Microsoft Office Excel

Mengatasi masalah settingan macro ini sangat sederhana, pada kali ini kami menggunakan Microsoft Office 2016, tetapi meskipun Anda menggunakan Office versi sebelumnya langkah-langkah setting macro excel ini pada dasarnya sama saja, mungkin hanya tampilan interfacenya saja yang sedikit berbeda. Langsung saja kita simak langkah-langkah mengatur settingan macro di microsoft excel

Dalam posisi Excel sudah aktif, silahkan klik tab File atau Anda juga bisa gunakan keyboard Alt+F kemudian akan tampil menu tab File seperti pada gambar di bawah.

Cara Setting Macro pada Microsoft Office Excel

Pilih Tab File

Kemudian klik “Options” seperti pada gambar berkurung garis berwarna merah di bawah:

Cara Setting Macro pada Microsoft Office Excel

Lalu akan tampil Menu Excel Options, setelah itu silahkan klik “Trust Center” persis seperti gambar berikut:

Cara Setting Macro pada Microsoft Office Excel

Dan kemudian klik “Trust Center Settings…” yang ExcelManiacs.id tunjukan pada gambar di bawah:

pejuang toga

Lalu klik “”Macro Settings”

pejuang toga

Kemudian silahkan pilih Enable all macros dan centang Trust acces to the VBA project object model seperti pada gambar di atas.

Lalu klik “”Trusted Locations”

Microsoft Office Excel

Setelah “Trusted Locations” Anda klik akan tampil pada PC seperti gambar berikut kemudian klik “Add New Locations”:

pejuang toga

Kemudian akan tampil menu pilihan pemilihan Drive atau Folder tujuan seperti pada gambar di bawah.

pejuang toga

Setelah tombol “Browse…” seperti pada gambar di atas maka akan tampil menu penentuan drive yang akan Anda pilih sebagai drive pada PC Anda yang dapat dipercaya oleh Excel meskipun Setting Macro Excel dalam posisi “Disable all macros except digitally signed macros”.

excel

Langkah selanjutnya, silahkan klik saja tombol OK hingga tak ada lagi tombol OK yang harus Anda klik.

Bagaimana cukup mudah dan sederhana bukan Cara Setting Macro pada Microsoft Office Excel, jika kalian mengikuti cara yang saya jelaskan diatas pasti mudah melakukan setting macro. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian. jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tuliskan pada kolom komentar atau hubungi melalui facebook.

==> Terima Kasih Pejuang Toga <==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *