Seputar Info Program Gambar Teknik “AutoCad”

By | 18/07/2015
Kembali lagi di blog ERA PEMUDA. kali ini akan membagikan informasi seputar software AutoCad

apasih AutoCad? nah ini sekilas info yang di copy dari link wikipedia dot com.
http://blog.capterra.com/wp-content/uploads/2014/10/6a00d8341c99d753ef017ee9a0e1fe970d-500wi.jpgAutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.  AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain. Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format)
DXF, secara de facto menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD. AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam” (sumber : Wikipedia.com) . Wah, dan ternyata Bahasa Indonesia tidak tersedia, 😀
Nah itu, software AutoCad biasanya digunakan oleh para engineer, baik dari teknik sipil, teknik kimia, teknik fisika, teknik elektro dan teknik teknik yang lain untuk menggambar suatu benda yang berkaitan dengan keteknikan baik berupa 2D maupun berbasis 3D modeling.
AutoCad setiap tahun mengupdate dirinya. hingga tiap tahun dia selalu memiliki versi baru, tentunya dengan pembaharuan-pembaharuan tools-tools guna menunjang kerja sang kreator gambar.
Untuk menguasai program ini, tentunya diperlukan suatu latihan-latihan dengan penuh keseriusan untuk menjadikan diri menjadi seorang yang menguasai program. Seorang engineer, tidak wajib harus bisa menggambar di AutoCad, namun apabila ia ahli di program ini, maka ia akan memiliki nilai jual yang lebih bagi dirinya untuk peluang kerja di bidang yang diampu nya. Bagi yang sudah ahli, menggambar satu buah objek yang rumit saja hanya membutuhkan waktu yang sebentar, bagi beginner mungkin memerlukan waktu yang lebih lama, namun semuanya juga butuh proses untuk menjadi yang terbaik.
Menggambar di AutoCad bukanlah menggambar biasa, melainkan menggambar suatu benda atau objek yang memiliki ukuran dan standar tertentu, sehingga tidak bisa asal dalam menggambarnya. Setiap inchi, mm, centi terukur di dalam program ini. Program ini dapat dibeli dengan versi original. Namun biasalah, dengan keadaan sekarang ini banyak situs-situs yang menyediakan gretong alias gratisan bermodalkan teknik pembobolan / crack untuk aktivasinya. Bukan menjadi hal yang tabu lagi di era ini.
Demikian sobat ERA PEMUDA, sekian info yang dapat ane bagikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *