Pohon Penyumbang Oksigen Terbesar di Bumi. Benarkah?

By | 09/04/2020
pejuang toga

Pejuang Toga – Sejak sekolah dasar kita diajarkan bahwa penghasil oksigen adalah pohon. Oleh karena itu, kita sering disuruh untuk menjaga pohon. Tetapi, apakah hanya pohon saja penyumbang oksigen terbesar di bumi? Ternyata tidak. Ada makhluk kecil tidak terlihat di lautan yang mempunyai peran sangat besar untuk kita yaitu Plankton.

Plankton, khususnya fitoplankton adalah jenis plankton tumbuhan. Layaknya tumbuhan darat, plankton juga melakukan fotosintesis ketika mendapatkan sinar matahari, tetapi, bentuk oksigennya berupa gelembung di air laut. Kemudian, gelembung oksigen tersebut terlepas ke udara dalam bentuk gas yang bisa kita hirup. Kemampuan tersebut menyumbang 80% oksigen untuk bumi.

Plankton tersebut biasa melayang-layang di permukaan laut terbawa arus, karena plankton tidak mempunyai kekuatan untuk melawan arus air atau angin. Kemudian, mereka menjadi makanan untuk ikan-ikan kecil, karena fitopankton tersebut juga menjadi produsen di rantai makanan untuk makanan hewan di laut.

Tetapi, peran pohon tetap sangat penting. Apakah kalian ingat jika fungsi dari pohon tidak hanya menghasilkan oksigen saja? Bayangkan jika semua hutan digunduli. Hewan-hewan tidak mempunyai rumah, rantai makanan rusak. Pohon tidak ada, hewan tidak ada, lalu, kita mau makan apa?

Pohon juga mempunyai fungsi untuk mengikat tanah. Bayangkan jika tidak ada pohon, sama seperti kepala orang yang gundul. Jika cuaca panas akan terasa sangat panas, dan jika hujan airnya akan langsung ke bawah. Akhirnya, mulai terjadi longsor di mana-mana, karena semua tanahnya menjadi labil.

Jika sudah terjadi longsor, zat-zat yang biasanya di darat, termasuk polutan ikut mengalir ke sungai, dan membuat sungai tercemar. Nah, sungai bermuara di laut, sedangkan di laut terdapat plankton. Akhirnya, planktonnya juga akan mati terkena air yang tercemar. Padahal plankton tersebut yang menghasilkan oksigen terbesar dan pemegang kunci rantai makanan di laut.

Artinya, pohon memiliki peran yang sangat penting untuk keseimbangan alam. Jika tidak dijaga, akan ada efek domino muncul seperti yang tadi sudah kami sebutkan. Jadi, mari menjaga hutan dan lautan kita. Tanpa mereka, bumi akan cepat rapuh, bencana di mana-mana dan kita tidak bisa hidup karena tidak ada oksigen dan makanan.

Jadi, apakah pohon penghasil oksigen terbesar di bumi? Jawabannya TIDAK, karena 80% oksigen di bumi dihasilkan oleh plankton, tetapi tetap saja kita membutuhkan pohon untuk keseimbangan alam.

==> Terima Kasih Pejuang Toga <==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *