Perbedaan Unicorn, Dekacorn dan Hectocorn

By | 03/04/2020
pejuang toga

PEJUANG TOGA – Hallo semuanya kalian pasti sering mendengar istilah unicorn, decacorn dan hectocorn dalan dunia startup. Dalam dunia teknologi startup istilah ini digunakan untuk merupakan level prestasi yang diraih oleh perusahaan teknologi tersebut dalam bidang startup.

Startup adalah perusahaan yang baru dirintis dan berada dalam fase pengembangan, biasanya masih seumur jagung dan sudah berbasis digital. Lalu apa hubunganya teknologi startup dengan istilah-istilah tersebut? Mari kita simak penjelasan dari perbedaan istilah Unicorn, decacorn dan hectacorn.

Perbedaan Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn

Penggunaan istilah-istilah ini digunakan ketika sebuah perusahaan startup mulai meraih berbagai prestasi dan nilai valuasinya meningkat, akan ada beberapa “level yang diraih, yaitu:

Unicorn

Unicorn berasal dari spesies kuda putih mitologi dengan satu tanduk di dahi. Perusahaan startup yang bergelar Unicorn adalah sebuah perusahaan bisnis yang nilai valuasinya sudah mencapai USD$ 1 juta atau setara Rp14 triliun. Hewan unicorn digunakan dalam konteks perusahaan startup karena sama seperti unicorn, kehadiran perusahaan startup yang dapat mencapai nilai valuasi sebesar US$1 miliar cukup langka dan terdengar agak mustahil.

Terdapat beberapa Perusahaan indonesia yang mencapai level Unicorn beberapa tahun yang lalu seperti Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan OVO. Namun mereka sekarang mudah mulai menghilang dari level Unicorn karena perusahaan-perusahaan ini sudah mulai melangkah ke level yang lebih tinggi yaitu Decacorn.

 

Decacorn

Decacorn adalah gabungan dari kata “deka” (bahasa Yunani) yang berarti angka 10 ditambah akhiran dari “Unicorn.” Sesuai namanya, perusahaan berlevel Decacorn adalah perusahaan yang mempunyai nilai valuasi 10 kali lipat dari Unicorn, yaitu sebesar US$10 miliar. Beberapa perusahaan Asia yang sudah mencapai level ini adalah Toutiau (Bytedance), DJI Innovations, Grab, dan tujuh perusahaan lain.

Apakah ada perusahaan yang mencapai level ini? Gojek menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang berhasil mencapai level Decacorn pada tahun 2019 dan terus melesat menjadi perusahaan teknologi startup yang semakin besar. Beberapa Perusahaan marketplace Indonesia yaitu Tokopedia mulai dapat menyusul kesuksesan Gojek mencapai gelar Decacorn pada 2020.

 

Hectocorn

Hectocorn menduduki dua level lebih tinggi dari Unicorn, yang artinya gelar ini disematkan pada perusahaan yang nilai valuasinya sudah mencapai US$100 miliar. Meski ada begitu banyak perusahaan yang nilai valuasinya sudah jauh melebihi US$100 miliar, namun gelar Hectocorn tidak dapat disematkan bagi mereka. Pasalnya, Hectocorn hanya bisa didapat jika perusahaan tersebut masih rintisan, alias startup yang sebenarnya masih dalam tahap pengembangan.

Indonesia saat ini belum mempunyai perusahaan setingkat Hectocorn. Dari seluruh dunia, gelar Hectocorn hanya dimiliki oleh satu perusahaan, yaitu Ant Financial yang dulunya dikenal sebagai Alipay, perusahaan teknologi finansial (fintech) yang berafiliasi dengan Alibaba Group. Melihat sulitnya perusahaan mencapai gelar Hectocorn, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, berniat memotivasi bisnis-bisnis startup untuk segera mencapai level Unicorn hingga Hectocorn demi mempercepat peningkatan strata ekonomi digital di Indonesia.

 

Artikel ini memberikan kalian pengetahuan mengenai perbedaan Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn. Apabila kalian memiliki bisnis startup kalian juga memiliki peluang untuk mencapai level tersebut. Kuncinya adalah dengan mengembangkan kreativitas di luar batas yang bisa membantu banyak orang di sekitarmu.

Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan memahami bagaimana teknologi digital bekerja. Karena dierea yang serba digital saat ini semuanya dapat kita akses dan kita dapatkan melalui digital. Berawal dari solusi kecil dapat membawa perubahan yang besar bagi masyarakat. Itulah yang menjadi kunci Gojek dan Tokopedia mencapai level Decacorn.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian mengenai dunia digital, apabila kalian ada yang ingin ditanyakan kepada pejuangtoga silahkan hubungi kami melalu komentar atau contact yang tersedia.

==> Terima Kasih Pejuang Toga <==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *