Perbedaan Dasar antara RAM dan VRAM

By | 22/03/2019

Erapemuda.Com – Perbedaan Dasar antara RAM dan VRAM. Meskipun perkembangan komputer terus mengalami peningkatan akan tetapi masih banyak orang belum memahami komponen komputer. Salah satu yang paling sering dipertanyakan orang adalah perbedaan RAM dengan VRAM.

pejuang toga

Walaupun sepintas tampak sama namun RAM dan VRAM memiliki perbedaan yang sangat signifikan Pada postingan kali ini kita akan membahas secara mendetail menegenai perbedaan VRAN dengan RAM, baca artikel ini sampai habis untuk pengetahuan kalian bertambah dan mengetahui perbedaanya. Baca Juga: Cara Memperbaiki Slot RAM yang Rusak pada Motherboard Laptop

Perbedaan Dasar antara RAM dan VRAM

1. Pengertian RAM dan VRAM

Untuk mengetahui perbedaan antara RAM dan VRAM kita harus mengetahui pengertianya terlegih dahulu. RAM adalah singkatan dai Random Access Memory merupakan sebuah memori digital yang dapat membaca data-data secara acak dan tidak berurutan.
VRAM adalah singkatan dari Video Random Access Memory merupakan sebuah memori digital yang dapat membaca data-data berupa video atau gambar yang akan ditampilkan pada layar monitor.

2. Fungsi RAM dan VRAM

Setelah mengetahui pengertian dasar RAM dan VRAM kita harus melihat dari sisi fungsi atau kegunaannya. RAM memiliki fungsi sebagai penyimpan data sementara berbagai data saat komputer sedang digunakan. Data yang bisa disimpan pada RAM komputer ini meliputi data-data aplikasi, software, game, dan berbagai data lainnya saat proses berlangsung. Oleh karena itu pengarum RAM sangat besar dalam kinerja Komputer.
VRAM memiliki fungsi sama dengan RAM, yakni sebagai penyimpan data sementara berbagai data yang digunakan pada komputer.  VRAM lebih fokus menyimpan data-data tentang gambar dan berbagai visual lainnya yang ditampilkan pada layar komputer bukan pada proses berjalanya aplikasi pada komputer.

3. Lokasi penyimpanan RAM dan VRAM

RAM dan VRAM memiliki perbedaan dalam sisi lokasi penyimpanan di dalam komputer. RAM terpasang pada slot yang disediakan pada CPU komputer. Terdapat juga RAM yang terpasang pada motherboard.  Sedangkan VRAM terpasang pada VGA Card atau kartu VGA. VGA sendiri merupakan sebuah singkatan dari Video Graphic Array.
Fungsi VGA Card sendiri adalah sebuah memori yang bertugas dalam mengatur jalannya sebuah grafik maupun visual yang ada di dalam komputer. VGA Card sendiri terpasang pada sebuah GPU atau Graphic Processing Unit, sebuah perangkat keras yang mengatur grafis di sebuah komputer.

4. Ukuran RAM dan VRAM

Melihat dari sisi ukuran yang digunakan RAM dan VRAM memilki berbagai perbedaan. Ukuran RAM biasanya persegi panjang dan terdapat sebuah kepingan berwarna hitam yang jumlahnya tergantung berapa banyak memori yang digunakan. Jika menggunakan memori 4GB maka jumlah kepingan hitam yang digunakan ada dua buah.
Namun pada VRAM, bentuknya kecil dan hanya berupa kepingan hitam saja. kepingan hitam ini lah yang menjadi pusat pengolahan data-data berupa gambar dan visual yang digunakan pada memori tersebut.

5. Satuan memori yang digunakan RAM dan VRAM

Dilihat dari satuan memori yang digunakan RAM dan VRAM sangat berbeda. RAM satuan memori yang digunakan adalah byte. Semakin besar byte yang digunakan maka semakin lancar aplikasi, software, browser, dan berbagai perangkat lunak yang digunakan pada komputer.
Sedangkan VRAM satuan yang digunakan adalah bit pada pixel. Artinya, semakin besar bit yang digunakan maka semakin bagus hasil visual yang ditampilkan pada layar komputer.
Dalam 1 bit dapat menghasilkan warna hitam dan putih saja. 4 bit dapat menampilkan sebanyak 256 warna. Oleh karena itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa semakin besar bit yang digunakan maka tampilan grafis yang dihasilkan akan semakin bagus bahkan mendekati visual nyata. Baca Juga: Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Bisa Di Format

Itulah Perbedaan Dasar RAM dan VRAM yang tidak diketahui kebanyakanorang. Pada dasarnya baik RAM dan VRAM menjalankan tugas yang sama, yakni sebagai penyimpan memori sementara saat sebuah perangkat lunak dijalankan dalam sebuah komputer. Tetapi RAM dan VRAM memiliki perbedaan tugas yang dibebabnkan. Pada RAM lebih fokus pada jalannya sebuah perangkat lunak, sedangkan pada VRAM lebih difokuskan pada kualitas grafis yang ditunjukan pada layar monitor.

Apabila masih ada pertanyaan seputar RAM dan VRAM dapat kalian tanyakan pada kolom komentar. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan kalian semua.
Terima Kasih.

2 thoughts on “Perbedaan Dasar antara RAM dan VRAM

  1. AdyDzgn

    Terima kasih infonya min. Saya baru paham perbedaan kedua memori itu. padahal sering dengarnya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *