Pengertian Tes Potensi Skolastik

By | 07/04/2020
tes potensi skolastik

Pejuang Toga – Hallo sobat semua, melalui surat edaran terbaru dari LTMPT mengenai UTBK 2020 dijelaskan bahwa Materi Tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik. Sebain dari kalian pasti bertanya-tanya apa itu tes potensi skolastik. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai pengertian secara lengkapa apa itu tes potensi skolastik.

Pengertian Tes Potensi Skolastik

TPS atau Tes Potensi Skolastik adalah tes yang digunakan untuk mengukur potensi yang terdapat pada peserta tes tersebut. Dalam Tes potensi skolastik calon mahasiswa akan diukur pada kemampuan kognitif, logika atau nalar dan pemahaman umum. Tes ini dapat mengetahui apakah seseorang mempunyai potensi untuk masuk ke perguruan tinggi, disamping kemampuan akademik.

Berbeda dengan Tes Kompetensi Akademik atau TKA  yang ditentukan oleh level dan kemampuan calon mahasiswa dalam bidan akademik. Pada Tes potensi Skolastik lebih menilai bagaimana potensi calon mahasiswa tersebut  secara pribadi.

TPS merupakan tes yang biasa digunakan jika seseorang ingin melanjutkan perkuliahan ke perguruan tinggi di Amerika. Tes ini pertama kali diciptakan oleh The College Board, suatu organisasi nirlaba yang memiliki misi menjadi jembatan antara para siswa dengan kesuksesan pendidikan tinggi mereka. Tes jenis ini sudah ada sejak 1926 dan tidak hanya di Amerika, tetapi juga digunakan di negara maju lainnya seperti Inggris, Singapura, Finlandia, dan Australia.

Baca Juga: Prediksi Soal Tes Potensi Skolastik UTBK 2020

TPS menjadi salah satu materi uji pada SBMPTN 2019 sebagai salah satu upaya yang bertujuan agar calon mahasiswa perguruan tinggi Indonesia memiliki kemampuan dan daya saing yang setara bahkan melebihi siswa lain di negara maju.

Tes Potensi Skolastik dibedakan menjadi dua bagian yaitu:

1. Reasoning Test: menguji kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis, dan matematika.

2. Subject Test: menguji keterampilan peserta didik dalam bidang-bidang studi tertentu, seperti sains, sejarah, dan bahasa asing.

Tentu saja akan ada beberapa penyesuaian antara tes skolastik dari The College Board dengan pelaksanaan TPS untuk UTBK 2020.  Tes skolastik pada The College Board terdiri dari soal pilihan ganda dan esai, akan tetapi pada UTBK 2020, hanya ada soal pilihan ganda. Begitupun dengan jenis soal yang diujikan, berdasarkan penyesuaian oleh kemdikbud, maka tes potensi skolastik pada UTBK akan mencakup:

  1. Subtes verbal: mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan logika verbal untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan masalah kata atau bahasa. Subtes ini terdiri dari soal sinonim, antonim, analogi, dan wacana.
  2. Subtes kuantitatif: mengukur kemampuan matematis sederhana, memahami konsep matematika untuk menyelesaikan masalah seperti pada soal aljabar, aritmatika, geometri, dan deret angka.
  3. Subtes penalaran: mengukur kemampuan untuk menganalisis dan mengorganisasi informasi yang relevan dalam menyelesaikan masalah. Subtes ini dapat berupa penalaran logis, penalaran analitis, maupun diagram.

Baca Juga: Perubahan resmi Jadwal UTBK 2020

Setelah mempelajari penjabaran di atas, ternyata jenisnya tidak jauh beda dengan TKPA pada SBMPTN 2018, ya. Oleh karena itu, kamu tidak perlu panik lagi yang perlu kamu lakukan hanyalah belajar, berlatih berulang-ulang, asah kemampuanmu, dan bersainglah!

Bagaimana apakah sekarang sudah paham apa itu Tes Potensi Skolastik. Demikian artikel yang saya buat bermanfaat untuk kalian para penulis dan menambah wawasan kalain. Jika ada yang masih kurang jelas silahkan tuliskan pad kolom komentar atau hubungi melalui facebook.Terima Kasih

==> Terima Kasih Pejuang Toga <==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *