Meningkatkan problem solving

Tips Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Posted on

Pejuangtoga.id – Tips Meningkatkan Kemampuan Problem Solving. Hallo sobat Toga, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah artikel menarik mengenai cara meningkatkan kemampuan problem solving kita. Menurut Wikipedia Problem Solving adalah bagian dari proses berpikir. Sering dianggap merupakan proses paling kompleks di antara semua fungsi kecerdasan, pemecahan masalah telah didefinisikan sebagai proses kognitif tingkat tinggi yang memerlukan modulasi dan kontrol lebih dari keterampilan-keterampilan rutin atau dasar.

 

Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas secara detail mengenai problem Solving, melainkan kita akan membahas cara untuk meningkatkan kemampuan problem solving kita. Ada beberapa cara untuk meningkatkannya, simak ulasan dari pejuang toga berikut:

Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

 

1.  Perbanyak Wawasan dan Pengetahuan

Ketika kamu mempunyai wawasan dan pengetahuan yang cukup banyak tentang sesuatuyang sedang ditekuni, maka tentu akan lebih mudah dalam mengatasi masalah yang kamu hadapi. Ada beberapa cara yang dapat dicoba dalam meningkatkan wawasan kita, misalnya mengikuti tren, kursus tambahan, aktif berdiskusi dan mendengarkan nasihat dari orang-orang yang lebih berpengalaman.

 

2.  Ubah Pola Pikir

Untuk dapat meningkatjkan keahlian dalam problem solving, kamu juga perlu ubah pola pikirmu. Pandanglah bahwa masalah bukanlah suatu beban, melainkan tentang yang diperlukan untuk dapat bertumbuh. Dengan begitu kamu tidak akan merasakan stress dalam menghadapi masalah dan lebih mudah menganalisa serta menemukan solusi yang tepat.

3.  Berlatih Menyelesaikan Masalah

Setelah kalian mampu memperbaiki pola pikir maka hal selanjutnya adalah rutinlah berlatih untuk memaksimalkan kemampuan dalam penyelesaian masalah. Misalnya dengan membaca buku-buku praktik profesional atau mendari beberapa skenario kasus problem solving secara online.

 

4.  Belajar Strategi dari orang lain

Dalam keseharian kalian cobalah untuk memperhatikan orang-orang disekitar dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. jika diperlukan kalian juga dapat bertanya secara langsung kepada orang yang dirasa lebih berpengalaman dalam menyelesaikan masalah, sehingga kalian dapat menjadikanya informasi dan inspirasi untuk menyelesaikan masalah kalian sendiri.

 

5.  Bermain Game yang mengasah otak

Jika kalian memiliki waktu senggang, tidak ada salahnya kalian bermain game yang dapat mengasah otak. Dengan bermain game yang mengasah otak, selain menyenangkan juga dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan kalian dalam problem solving. Contoh game asah otak yang dapat kalian mainkan seperti catur, sudoku, rubik dan lainnya.

 

6.  Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

Selain beberapa tips sebelumnya hal yang paling penting untuk meningkatkan kemampuan problem solving adalah komunikasi kalian sendiri. Mempunyai kemampuan Komunikasi yang baik akan sangat membantu dan diperlukan untuk menangani atau menyelesaikan masalah bila melibatkan orang lain.

 

Demikian beberapa tips yang dapat pejuangtoga berikan untuk meningkatkan kemampuan problem solving kalian. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu kalian dalam meningkatkan kemampuan problem solving. apabila menurut kalian ada tips lainya yang lebih membantu silahkan tuliskan pada kolom komentar.Terima kasih.

Source : Instagram/masukkampus

Gravatar Image
Seorang pemuda yang ingin menjadi phon yang besar agar dapat menjadi tepat berteduh untuk banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *