MENGENAL TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING

By | 09/04/2020
pejuang toga

Pejuang Toga – Salah satu yang menjadi concern para praktisi di dunia teknologi kedepannya adalah tentang Big Data, Business Intelegent, Internet of Things, dan Cloud Computing. Untuk kali ini kita akan coba mengulas kata yang terakhir disebut.

Cloud Computing? Pasti banyak dari kita yang sudah sering mendengar kata tersebut, atau jika belum pernah mendengar, mungkin pernah mendengar istilah dalam bahasa Indonesia-nya, yaitu Komputasi Awan.

 

APA ITU CLOUD COMPUTING?

            Cloud Computing adalah penyampaian layanan komputasi, termasuk server, penyimpanan, basis data, jaringan, perangkat lunak, analitik, dan intelijen melalui internet ‘cloud’ untuk menawarkan inovasi yang lebih cepat, sumber daya yang fleksibel, dan skala yang ekonomis.

 

CARA KERJA CLOUD COMPUTING

Melalui koneksi layanan internet, cloud storage berfungsi dengan memungkinkan pengguna mengakses dan mengunduh data pada perangkat apapun yang dipilih, seperti laptop, tablet, atau smartphone.

Pengguna cloud storage juga dapat mengedit dokumen secara bersamaan dengan pengguna lain, sehingga pengguna dapat bekerja di luar kantor.

 

MANFAAT CLOUD COMPUTING

  1. Penyimpanan lebih banyak
  2. Worldwide Access
  3. Pengaturan yang mudah

 

Beberapa faktor seperti ketersediaan internet yang dibutuhkan sebagai jalur utama dalam distribusi data, kualitas vendor akan layanan sistem Cloud maupun masalah keamanan dan privasi seperti serangan hacker memang patut menjadi pertimbangan tersendiri sebelum Anda beralih sepenuhnya ke sistem Cloud ini. Jadi, bijaklah dalam menggunakan teknologi, karena inilah era dimana semua keterbukaan informasi adalah sebuah hal yang tak bisa dielakkan lagi.

==> Terima Kasih Pejuang Toga <==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *