Cara memasang ads.txt di wordpress

0
12

Pejuangtoga.id – Cara memasang ads.txt di wordpress. Hallo sobat blogger kali ini saya akan sedikit memberi tutorial cara memasang ads.txt pada wordpress. Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan peringatan di dashboard google adsense saya mengenai peringatan pemasangan file “ads.txt”. File ini harus di tulis dengan format aturan google adsense dan wajib di upload pada root server website. Tidak adanya ads.txt atau kesalahan dalam pemasangan ads.txt akan berimbas pada penghasilan adsense Anda.

kebetulan saya sedang membangun website dengan platform wordpress dan mendapatkan peringatan tersebut ketika sudah menampilkan iklan adsense. Dari hasil riset dan praktek yang telah saya lakukan, ternyata cara untuk memasang kode google ads.txt itu mudah.

Pada artikel ini saya hanya membahas satu cara saja yang paling mudah, yaitu menggunakan plugin bawaan dari wordpress. Langsung saja kita simak caranya sebagai berikut

Cara memasang ads.txt di wordpress

Pada cara ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar berhasil memasangkan ads.txt Bagi Anda yang masih pemula dalam mengelola website berbasis wordpress tentu sangat sulit saat di suruh untuk mengupload file ads.txt ke root server maka dari itu solusinya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan isi file ads.txt Anda

Berikut adalah kode ads.txt yang harus dimasukan.

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Dari kode tersebut kode pub-0000000000000000 harus Anda ganti dengan ID penayangan adsense Anda sendiri. ID Penayangan digunakan untuk mendeteksi kepemilikan akun dan memberikan komisi pembayaran layanan google adsense.

2. Install plugin ads.txt manager di wordpress Anda.

Cara memasang ads.txt di wordpress

Cara-install-plugin-ads.txt-manager

  • Pertama, masuk dashboard admin wordpress Anda.
  • Kedua, klik menu plugins >> klik add new
  • Ketiga, cari kolom “keyword” dan ketikkan Ads.txt manager.
  • Keempat, klik install now >> tunggu beberapa saat >> klik activate >> selesai

3. Masukkan kode ads.txt ke halaman Ads.txt manager.

Buka kembali file ads.txt yang tadi sudah Anda simpan. Salin kode yang telah Anda buat dan tempelkan ke halaman ads.txt plugin ads.txt manager.

Cara memasang ads.txt di wordpress

Cara membuka halaman ads manager: klik settings >> klik ads.txt >> selesai

Kemudian masukan kode ads.txt untuk memasang kode ads.txt pada plugin ads.txt manager dan Apabila kode ads.txt sudah Anda pasang dengan benar, klik save changes.

4. Pengecekan pemasangan kode ads.txt

Anda dapat mengecek pemasangan file ads.txt Anda secara manual.

https//:namadomain.com/ads.txt

*Catatan:

  • https ini adalah protokol yang website Anda gunakan, website yang menggunakan layanan SSL diawali dengan https, sedangkan website yang tidak menggunakan layanan SSL diawali dengan http
  • namadomain.com silakan diganti dengan nama domain Anda sendiri.
  • awalan www atau non-www itu tergantung dari settingan domain Anda.

Apabila pemasangan Anda benar, hasilnya akan seperti ini:

Catatan penting:

Plugin Ads.txt manager harus tetap active. Apabila plugin ini Anda deactive atau Anda delete maka file ads.txt yang Anda buat juga akan ikut hilang.
Pastikan plugin di wordpress Anda tidak lebih dari 15, untuk menjaga agar website Anda tidak lemot.
Bagaimana sangat mudah bukan memasang kode ads.txt pada wordpress. Semoga tutorial ini dapat membantu kalian dan memberikan solusi cara memasang ads,txt. Apabila ada yang kurang jelas silahkan tanyakan pada kolom komentar.

==>Terima Kasih Pejuang Toga <==

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here