Mandi Lebih dari Jam 7 Malam Penyebab Rematik?

By | 09/04/2020
pejuang toga

MANDI LEBIH DARI JAM 7 MALAM PENYEBAB REMATIK, BENARKAH?

“Iya dulu sempet dikasi tau temen-temen, mereka ga boleh mandi malem juga, katanya ntar rematik.”-Tongkrongan hik

Bener Nggak Sih?

Pejuang toga – Pernah nggak kalian pulang malam dan mau lanjut mandi? Eh, waktu udah di depan kamar mandi, tiba-tiba terngiang omelan emak yang bilang kalo mandi malem bikin rematik! Daripada durhaka, mending nurut aja… Padahal mahh, tau rematik aja enggak.

Simplenya, rematik adalah sakit yang menyerang bagian sendi dan otot manusia. Jadi, misalnya terdapat rasa nyeri tiba-tiba di bagian alat gerak, bisa jadi itu gejala rematik. Karena ternyata, rematik itu seperti keluarga besar yang memiliki banyak cucu.

Dari sekian banyak cucu, ada 2 yang paling akrab dengan sel-sel di tubuh kita, sebut saja mawar dan melati. Mawar ini penyakit autoimun, yang suka membuat keributan imun di tubuh kita dengan sel-sel lain. Mawar sering menempel di sendi-sendi kecil seperti jari tangan dan hasilnya membuat kaku.

Ada juga melati atau yang kita kenal dengan asam urat. Asam urat muncul karena terlalu banyak mengonsumsi daging, seafood, dan minuman beralkohol. Saat sistem pencernaan kita tidak sanggup untuk mengeluarkan semua makanan tersebut, lama-kelamaan akan terbentuk gerombolan kristal di sekitar sendi, dan jika dipencet rasanya sangat nyeri.

penyebab rematik

Lalu, hubungannya rematik dengan mandi itu apa sih? Mandi malam itu identik dengan airnya yang sangat dingin, apalagi yang rumahnya di sekitar pegunungan, dan jikalau mandi tidak merebus air terlebih dahulu. Ternyata, mengguyur badan menggunakan air dingin bisa membuat kapsul sendi kita menjadi menciut.

Baca Juga: Bateri dan virus, mana yang lebih berbahaya?

Setelah seharian bekerja, kita akan dihadapkan dengan suhu tubuh yang tinggi. Jika suhu tubuh kita masih tinggi dan langsung ditebas dengan air dingin, sendi kita akan shock karena perubahan suhu. Apalagi yang sudah mempunyai riwayat rematik, sendi yang sebelumnya sudah bengkak akan semakin tertekan dan kaku.

Sebenarnya, mandi sebelum tidur justru lebih bagus untuk badan, karena bisa mengangkat kotoran, bakteri, dan kuman yang menempel setelah seharian beraktivitas. Tetapi, ada baiknya jika kita mandi menggunakan air hangat agar badan lebih rileks dan tidak kaget dengan perbedaan suhu tubuh yang menonjol.

Jadi, apakah mandi lebih dari jam 7 malam bisa membuat rematik? Jawabannya TIDAK. Kecuali jika orang itu sudah mempunyai rematik. Mandi menggunakan air dingin di malam hari bisa memicu rasa nyerinya datang lagi.

TERIMA KASIH , SALAM PEJUANG TOGA

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *