Category Archives: Dunia Kesehatan

Endemi, Epidemi, dan Pandemi: Apa Bedanya?

Pejuang Toga – Dunia darurat Virus Corona. Virus tersebut sudah menyebar ke lebih dari 95% negara. Bahkan, jumlah kasus paling banyak sudah bergeser ke Eropa, yang sekarang menjadi pusat penyebaran baru virus ini. Organisasi Kesehatan Dunia sudah menetapkan virus Corona sebagai pandemi. Tapi, tunggu dulu, sebenarnya apa itu pandemi? Apa bedanya dengan epidemi dan endemi? Apakah mereka semua… Read More »

Pohon Penyumbang Oksigen Terbesar di Bumi. Benarkah?

Pejuang Toga – Sejak sekolah dasar kita diajarkan bahwa penghasil oksigen adalah pohon. Oleh karena itu, kita sering disuruh untuk menjaga pohon. Tetapi, apakah hanya pohon saja penyumbang oksigen terbesar di bumi? Ternyata tidak. Ada makhluk kecil tidak terlihat di lautan yang mempunyai peran sangat besar untuk kita yaitu Plankton. Plankton, khususnya fitoplankton adalah jenis plankton tumbuhan. Layaknya… Read More »

Mandi Lebih dari Jam 7 Malam Penyebab Rematik?

MANDI LEBIH DARI JAM 7 MALAM PENYEBAB REMATIK, BENARKAH? “Iya dulu sempet dikasi tau temen-temen, mereka ga boleh mandi malem juga, katanya ntar rematik.”-Tongkrongan hik Bener Nggak Sih? Pejuang toga – Pernah nggak kalian pulang malam dan mau lanjut mandi? Eh, waktu udah di depan kamar mandi, tiba-tiba terngiang omelan emak yang bilang kalo mandi malem bikin rematik!… Read More »

Apakah Hewan Peliharaan Bisa Menularkan Covid-19?

“Katanya corona kan berasal dari kelelawar, berarti kucing sama anjing juga bisa nularin dong? Mereka kan sama-sama hewan.” Diskusi whatsapp grup SMP Bener Nggak Sih? Pejuang Toga – Sangat banyak kabar yang beredar seputar virus corona, salah satunya ada anjing yang ternyata positif Covid-19 walaupun kadarnya rendah. Akhirnya, orang-orang yang mempunyai kucing dan anjing semuanya panik. Virus corona… Read More »

Tata Cara Mengurus Jenazah Pasien Positif CORONA / COVID-19

PEJUANG TOGA – Hai sahabat pejuang toga di manapun kalian berada. Sebelum kita membahas tentang bagaimana tata cara mengurus jenazah pasien corona atau yang biasa di sebut covid-19, sebenarnya jenazah pasien yang terinfeksi virus corona ini bisa enggak sih menularkan virus corona kepada orang yang masih hidup? Menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan Universitas Gajah Mada… Read More »

Bakteri vs. Virus: Mana yang Lebih Mematikan?

PEJUANG TOGA – Bentuknya sama-sama kecil, namun sekalinya membuat ulah, satu dunia yang kerepotan. Mereka adalah virus dan bakteri, organisme yang paling sering disalahkan jika ada orang yang sakit. Tetapi sebenarnya, seperti yang kalian tanyakan ini, apa sih bedanya mereka? Dan manakah yang lebih mematikan? Kalian harus mengetahui terlebih dahulu jika dua-duanya itu bisa mematikan. Iya, karena mematikan… Read More »

Jika Sudah Sembuh dari Corona Tidak Akan Terkena Virus Corona Lagi. Benarkah?

Pejuang Toga – Tubuh kita memiliki pasukan yang berfungsi untuk melawan musuh (bakteri, virus, parasit). Jika ada musuh yang menyerang, sistem imun akan berperang melawan musuh. Dan apabila sudah sembuh, sistem imun tubuh kita akan menjadi lebih kuat. Lalu, apakah pasien yang sudah terkena virus corona bisa kembali terjangkit virus tersebut? Pertama-tama, kita harus mengetahui terlebih dahulu jika… Read More »

Virus Corona Mulai Menyebar wajib Waspada

Pejuangtoga.id – Pada awal tahun 2020, dunia dikejutkan dengan ditemukannya penyakit baru yang berasal dari Wuhan, China, dan mulai menyebar ke negara sekitar. Penyebaran virus corona berkembang pesat dan membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau negara-negara Asia, termasuk Indonesia, untuk harus selalu waspada.

Gejala Viris Corona yang Wajib Diketahui

Pejuangtoga.id – Kekhawatiran dunia akan merebaknya penyebaran virus corona sudah terlihat dari negara-negara yang terpapar virus ini. Tak terkecuali Indonesia. Hal ini terlihat dari tingginya permintaan masyarakat akan kebutuhan masker.