Cara Submit URL Artikel Di Google Webmaster Versi Terbaru

By | 26/03/2019

Erapemuda.Com Cara Submit URL Artikel Di Google Webmaster Versi Terbaru. Setelah beberapa tahun setia dengan tampilan lamanya. Kini googlemengupdate tampilan search console terbarunya. Pada awal 2018, tampilan ini dimuncukan masih diklaim versi beta artinya versi ini belum sempurna masih dalam tahap pengembangan. Pada versi yang lama jika kita akan mensubmit artikel terbaru memberi perintah robot untuk mengcrawl postingan yang baru saja diterbitkan dikenal dengan istilah submit URL.
pejuang toga
Banyak sekali  blogger yang sempat bingung ketika fitur tersebut dicabut dan sudah tidak tersedia lagi untuk mensubmit postingan terbaru. Ternyata alasan fitur submit URL dicabut karena google sudah mempersiapkan fitur inspeksi halaman URL ini diletakan pada versi tampilan webmaster yang terbaru. fitur ini lebih friendly menjadi satu dengan webmaster baru dan tidak terbagi seperti halnya dulu. Baca Juga: Cara menghapus URL Blog di Webmaster Tools
Kali ini Google kembali melakukan sebuah update dimana salah satu fitur dari webmaster tools yang biasa digunakan blogger akan di hilangkan. Fitur Fetch As akan dinonaktifkan pada tanggal 28 Maret 2019. Sebagai gantinya google menyiapkan fitur submit url baru hanya dengan fitur inspeksi URL pada tampilan barunya.
Bagi kalian yang biasa menggunakan fitur Fetch As pada webmaster Tools tidak perlu khawatir atau bingung menggunakan versi terbaru dari Google ini. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorialnya secara llengkap. Jadi baca artikel ini sampai selesai. Baca Juga: Cara Daftar Google Analitic dan Melihat Ststistik Blog dengan Mudah

Cara Submit URL Artikel Di Google Webmaster Versi Terbaru

Langkah ke-1: Kalian akses ke search console atau kalian bisa langsung klik link ini https://search.google.com/search-console kemudian langsung Login.
pejuang toga
Langkah ke-2: Pada tampilan Utama Google Webmaster terbaru silahkan pilih dan klik INSPEKSI URL/URL inspection maka akan otomatis tampil perintah mengisi kolom URL, masukan URL artikel terbaru kalian kemudian tekan tombol enter.
pejuang toga

Langkah ke-3: Tunggu sampai google selesai mengindeks data kalian, biasanya proses ini ada yang lama dikarenakan postingan atau artikel yang terlalu banyak, selain itu jika blog tersebut banyak sekali meletakan gambar dan video juga faktor loading indeks menjadi lambat jadi tunggulah hingga selesai. Proses ini mencari url artikel yang belum dicrawl oleh indeks google.
pejuang toga
Langkah ke-4:  Jika loading sudah selesai silahkan klik tombol minta pengindeksan agar url artikel kalian langsung bisa dirayapi robot crawl.
pejuang toga
Langkah ke-5: Tunggu hingga proses indeks selesai
pejuang toga
Langkah ke-6: Setelah sudah selesai maka akan muncul report dan kalian lewati dengan mengklik tombol oke.
pejuang toga
Langkah ke-7: Langkah selanjutnya kita akan mengecek apakah url yang dikirim tadi berhasil diindeks oleh google. caranya dengan memasukan URL artikel yang telah kalian submit tadi di search bar atas. Jika URL berhasil diindeks google akan menjadi hijau seperti gambar berikut.
pejuang toga
Jadi itulah Cara Submit URL Artikel Di Google WebmasterVersi Terbaru. Tutorial di atas hanya bertujuan untuk mensubmit url ke webmaster. Untuk melakukan pengindeksan melalui fitur terbaru ini saya belum mengetahuinya karena saya masih menggunakan fitur lama yaitu Fecth As. Jadi setelah fitur Fecth As ini dihapus akan admin buatkan artikel cara agar artikel kita cepat terindex. Semoga Turtorial ini bermanfaat, jika ada yang kurang jelas silahkan baca pada kolom komentar.
Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *