Bocoran Tes Kemampuan Dasar (TKD) CAT CPNS 2018

By | 26/09/2018
Bocoran Tes Kemampuan Dasar (TKD) CAT CPNS 2018

Halo, sobat erapemuda. Pendaftaran CPNS besar-besaran telah dibuka. Kami kembali hadir membawa kabar gembira bagi anda terkhusus untuk para pejuang CPNS. Nah, sebenarnya mungkin kalian sudah mencari-cari informasi terlebih dahulu mengenai apa sih Tes CAT itu, bagaimana dan apa saja yang diujikan. Sedikit me-review, CAT (Computer Assisted Test) merupakan suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapat grade atau standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.  Tes ini biasa juga disebut Tes Kemampuan Dasar (TKD) berbasis computer yang diharapkan dengan sistem computer ini akan meminimalisir bahkan menghindarkan perilaku KKN dalam seleksi CPNS dalam tahap Tes TKD.

Adapun Tes yang diujikan adalah TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) yang mengujikan soal-soal seputar pelajaran pancasila, kewarganegaraan, dan masalah kebangsaan lainnya; TIU (Tes Intelegensi Umum) yang mengujikan soal-soal matematika dasar, kebendaharaan kata, dan lainnya; serta TKP (Tes Kepribadian) yang berisi soal disertai opsi-opsi jawaban yang menggambarkan perilaku atau kepribadian manusia.

Mohon maaf, Bocoran yang kami maksud disini bukan kunci jawaban Tes CAT untuk CPNS, akan tetapi bocoran bagaimana seharusnya kita menghadapi 3 macam jenis Tes TKD berbasis computer pada seleksi CPNS ini.

Untuk TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

Langkah yang pasti dilakukan dalam persiapan menghadapi Tes TWK adalah dengan melakukan metode pembelajaran mengingat. Dalam artian mengingat materi-materi yang sering muncul diujikan seperti UUD 1945, TAP MPR, Kejadian bersejarah, Nilai-nilai Pancasila, Amandemen UUD, 4 Pilar Kebangsaan dan lain-lain. Tentunya bagi yang memiliki kemampuan menghafal yang tidak bagus akan menjadi permasalahan dalam mengerjakan Tes Wawasan Kebangsaan ini, langkah jitu dan mungkin cukup ampuh dilakukan adalah dengan melakukan inovasi unik hafalan supaya materi banyak yang kita baca menempel dan tetap ada dalam ingatan. Seperti contohnya kita ingin menghafal apa saja yang termasuk dalam 4 pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, dengan menyingkatnya menjadi PUNTUNG. Mudah sekali kan? Silakan dicoba untuk materi-materi yang lainnya.

Untuk TIU (Tes Intelegensi Umum)

Sebenarnya soal-soal yang terdapat dalam Tes Intelegensi Umum adalah soal-soal yang tidak susah alias mudah dan untuk matematika dasar yang dipandang paling susah oleh sebagian orang. Namun, faktanya soal-soal tersebut memiliki penyelesaian yang singkat dan cepat tanpa membuang-buang waktu anda sia-sia dengan mengerjakan soal matematika dasar yang tak kunjung menemukan jawabannya. Seperti contohnya adalah sebagai berikut :

6969 x 6969 – 6968 x 6969 = …….?

Bagi yang belum terbiasa mungkin pening duluan melihat soal dengan angka seperti itu. Namun, apabila kita liat secara seksama, soal tersebut hanya butuh waktu kurang dari 5 detik untuk mengerjakannya, bahkan tanpa kita melakukan coret-coret di kertas.

Penyelesaian : 6969 x 6969 – 6968 x 6969 = 6969 (6969-6968) = 6969 (1) = 6969 (selesai)

Gampang kan? Maka dari itu, sering-seringlah berlatih untuk dapat mengerjakan soal-soal tersebut dengan cepat dan tepat. Selain soal matematika, di Tes ini juga terdapat Sinonim, antonim, analogi. Tipsnya adalah sering-sering membaca kosakata Bahasa Indonesia baru untuk memperkaya perbendaharaan kata kita dan tentunya sering-sering berlatih juga untuk mengasah dan menguji sejauh mana kemampuan kita.

Untuk soal-soal deret solusinya adalah sering-sering berlatih dengan mengasah kemampuan kita mencari pola deret dengan cepat dan tepat. Sedangkan untuk soal pola, baca perintah pengerjaannya terlebih dahulu, dan gunakan kemampuan kalian serta selalu diasah dengan melakukan latihan-latihan soal yang serupa.

Untuk Tes Kepribadian

Soal akan disajikan dengan 5 opsi jawaban, dimana setiap opsi tersebut memiliki bobot nilai yang berbeda dari 1 – 5 diurutkan dari jawaban yang paling bagus. Dalam tes ini dituntut untuk mendapatkan nilai total sebanyak-banyaknya dengan otomatis diusahakan agar selalu mendapatkan skor 5 untuk setiap soal yang kita jawab. Saran kami, pilih opsi jawaban yang terbagus dari opsi-opsi yang bagus, walaupun itu sebenarnya tidak mencerminkan kepribadian kita, demi mengais nilai tes ini sebanyak-banyaknya.

Oke sekian dulu yang dapat kami sampaikan, selalu semangat dan jangan putus untuk berusaha serta doa. Salam sukses untuk semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *