Jika Sudah Sembuh dari Corona Tidak Akan Terkena Virus Corona Lagi. Benarkah?

By | 04/04/2020
pejuang toga

Pejuang Toga – Tubuh kita memiliki pasukan yang berfungsi untuk melawan musuh (bakteri, virus, parasit). Jika ada musuh yang menyerang, sistem imun akan berperang melawan musuh. Dan apabila sudah sembuh, sistem imun tubuh kita akan menjadi lebih kuat. Lalu, apakah pasien yang sudah terkena virus corona bisa kembali terjangkit virus tersebut?

Pertama-tama, kita harus mengetahui terlebih dahulu jika virus corona ini jenis RNA. RNA virus itu mempunyai sifat yang bisa berubah dengan cepat. Hal inilah yang terjadi pada virus corona, virus ini memiliki replikasi yang sangat cepat, dan hasil dari replikasi tersebut berpotensi untuk kembali bermutasi, yang membuat sistem imun tubuh kita susah untuk mengenali virusnya.

Jika diibaratkan, virus corona ini seperti mesin fotokopi. Mesin tersebut bisa memfotokopi dokumen dalam jumlah yang banyak dengan waktu yang singkat. Tetapi, karena mesin tersebut tidak stabil, terkadang dokumen yang dihasilkan tidak sama persis seperti dokumen awal, sehingga kita butuh usaha lebih untuk mengenali dokumen tersebut.

Jika dibandingkan dengan virus SARS-CoV yang dulu pernah diteliti selama 3 tahun, antibodi yang digunakan untuk melawan virus SARS-CoV tersebut kekuatannya akan berkurang setelah 3 tahun. Walaupun demikian, jika tubuh sedang lemah, pasien yang sudah sembuh dari virus SARS-CoV tetap bisa terinfeksi ulang, apalagi jika imunnya sedang buruk.

Dan apabila kita bandingkan dengan penyakit pernapasan lain yang paling berbahaya yaitu TBC. Tetapi, penyakit TBC ini penyebarannya tidak secepat dan segampang corona. Selain itu, TBC jenisnya bakteri yang genetiknya lebih stabil karena proteinnya lebih kuat dari virus. Sedangkan virus corona ini genetiknya tidak stabil dan terus berubah. Menurut peneliti, virus corona ini telah berubah sebanyak 40 kali.

Jadi, intinya selama identitas dari virus corona bisa dikenali oleh sistem imun tubuh kita, maka virus tersebut akan susah untuk menyerang lagi. Tetapi, jika virus corona ini tiba-tiba kembali menyerang dengan pasukan dan kekuatan baru dan ditambah senjata yang lebih canggih, maka tubuh bisa terkena virus itu lagi, karena sistem imun tubuh tidak bisa mengenali virus tersebut.

Jadi, apakah orang yang sudah terkena virus corona tidak akan terkena lagi? Jawabannya BISA. Jika kamu tidak ingin terkena virus itu lagi, tubuhmu harus bisa mengenali 40+ mutasi virus corona atau bisa juga dengan memakai vaksin (jika vaksinnya sudah ada).

==> Terima Kasih Pejuang Toga <==

2 thoughts on “Jika Sudah Sembuh dari Corona Tidak Akan Terkena Virus Corona Lagi. Benarkah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *