Download Aplikasi Monitoring Arsip dengan Microsoft Excel

By | 24/05/2020
pejuang toga

Pejuang toga – Aplikasi Excel Sederhana Mentoring Arsip. Pada kali ini mediadana akan membagikan aplikasi monitoring sederhana berbasis Microsoft Office Excel. Aplikasi Excel ini memiliki fungsi sebagai alat untuk memonitoring arsip aktif yang dipinjam oleh bagian atau unit kerja lain untuk suatu keperluan.

Dengan adanya Aplikasi Monitoring Arsip dengan Microsoft  Excel ini status arsip yang keluar atau dipinjam dapat kita ketahui dengan detail yaitu kapan dipinjam dan kapan dikembalikan. Kalian dapat mengunduh Aplikasi ini secara Gratis dan semoga aplikasi ini bermanfaat bagi tugas dalam pekerjaan Anda sehari-hari.

Unduh Aplikasi Pada tombol Berikut

pejuang toga

Sebelum kalian menggunakan aplikasi excel ini, Supaya dapat berfungsi pada PC/Komputer, Kalian harus  mengaktifkan Macro Excelnya terlebih dahulu. Baca dahulu Cara Mengaktifkan Macro Excel Pada komputer.

Aplikasi Monitoring Arsip dengan Microsoft  Excel

Setelah Kalian mendownload Aplikasi Excel ini, silahkan langsung dibuka. Ketika file aplikasi dibuka, akan tampil form Login dengan tampilan seperti gambar di bawah:

aplikasi monitoring arsip

Form Login ke Aplikasi

Pada form login Silahkan isi Username : admin dan Password : admin lalu klik OK, Setelah login  kemudian aplikasi akan menampilkan halaman Beranda seperti pada gambar berikut.

aplikasi monitoring arsip

Halaman Beranda Aplikasi Excel Monitoring Arsip

Gambar diatas adalah tampilan dari beranda Aplikasi Monitoring arsip dengan Excel. Sebelum aplikasi digunakan, terlebih dahulu silahkan lengkapi halaman Identitas dan halaman Referensi.

Setelah mengisi Halaman Identitas dan Halaman Referensi, kalian dapat menggunakan Aplikasi Excel ini. Sebelum itu berikut adalah beberapa menu atau fitur yang harus kalian ketahui untuk dapat menggunakan aplikasi ini.

Tombol Navigasi Aplikasi Excel Monitoring Arsip

Untuk mengakses halaman-halaman tersebut, berikut tombol-tombol navigasi aplikasi:

pejuang toga

Tombol Navigasi Aplikasi

Setelah Mengetahui Tombol navigasi yang terdapat pada Aplikasi Monitoring Arsip dengan Microsoft  Excel ini kalian dapat menggunakan aplikasinya dengan panduan sebagai berikut.

Cara Menggunakan Aplikasi Excel Monitoring Arsip

Berikut ini adalah cara menggunakan Aplikasi Monitoring Arsip dengan Microsoft  Excel :

pejuang toga

Tombol Input Data

Silahkan klik tombol INPUT DATA yang terletak di halaman Beranda , lalu aplikasi akan menampilkan Fom Input Data seperti pada gambar berikut.

pejuang toga

Form Input Data

Form input data terdiri dari kolom isian:

  • Tanggal Laporan
  • Nomor Laporan
  • Nama Wajib Pajak
  • NPWP
  • Alamat
  • Kode
  • Tahun Pajak
  • Seksi Peminjam
  • Nama Peminjam
  • Media Arsip
  • Status Arsip
  • Tanggal Kembali

Setelah seluruh data Anda input / masukan, maka aplikasi akan menampilkan status arsip secara otomatis yang akan ditampilkan di halaman Beranda.

Sebagai penanda bahwa arsip masih dipinjam, maka aplikasi akan menampilkan Warna Merah pada kolom sesuai nomor Arsipnya. seperti gambar berikut.

pejuang toga

Monitoring Status Arsip

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, nomor Arsip dengan kode LAP 0001 dan LAP 0064 menampilkan warna Merah yang berarti arsip tersebut sedang dalam status dipinjam.

Aplikasi Monitoring Arsip dengan Microsoft  Excel juga dilengkapi dengan fitur pencarian data yang dapat Anda akses dengan mengklik tombol Cari Data seperti gambar berikut.

pejuang toga

Halaman Pencarian Data

Untuk mencari data arsip pada aplikasi excel ini sudah disediakan beberapa kata kunci pencarian yang terdapat pada menu drop dow pencarian.

Demikian panduan singkat dalam menggunakan Aplikasi Monitoring Arsip dengan Microsoft  Excel. Kalian dapat mengunduh aplikasi ini melalui link Download yang kami sediakan.

Unduh Aplikasi Pada tombol Berikut

pejuang toga

Bagi kalian yang memiliki niatan untuk melakukan “modifikasi” aplikasi baik struktur maupun VBA Project Aplikasi Monitoring Arsip dengan Microsoft  Excel ini? silahkan hubungi kami Melalui kontak admin yang tersedia. Dan apabila ada yang kurang jelas dan yang ingin ditanyakan silahkan tuliskan pada kolom komentar.

==> Terima Kasih Pejuang Toga <==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *