7 Aplikasi Laptop/PC Pembawa Virus dan Berpotensi Meretas Datamu

By | 20/04/2020

Pejuang toga – 7 Aplikasi Laptop/PC Pembawa Virus dan Berpotensi Meretas Datamu. Seiring berjalannya waktu, kamu akan menemukan berbagai macam aplikasi menarik yang tersedia di laptop ataupun smartphone mu. Sayangnya, nggak semua aplikasi terbilang aman. Beberapa aplikasi yang berbahaya tersebut bisa jadi sering kamu gunakan sehari-hari, mengingat secara sekilas aplikasi itu tidak memperlihatkan masalah apapun pada device yang kamu pakai. Kalian penasaran bukan apa saja aplikasi tersebut? Simak artikel berikut dengan baik!

APLIKASI LAPTOP PEMBAWA VIRUS:

1. WinRAR

Baru-baru saja, Check Point Research menemukan fakta mengejutkan bahwa sebuah malware sudah bersemayam dalam aplikasi WinRAR selama 19 tahun!

 

2. Java (Runtime 6,7)

Java Runtime 6 dan 7 merupakan versi lawas dari Java yang ternyata masih digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Di tahun 2012, pengguna diminta mematikan plugin Java di sederet browser terbaik karena terbukti menyusupkan malware ke dalam komputer penggunanya.

 

3. Adobe Flash Player

Aplikasi yang satu ini sempat populer pada tahun 2010-an. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, software ini mulai mendapatkan banyak masalah keamanan serius. Berbagai macam kasus muncul, mulai dari laptopnya crash karena dibobol hacker hingga adanya pencurian data-data pribadi.

 

4. GOM Media Player

Aplikasi pemutar audio dan video favorit di PC ini memiliki serangkaian fitur keren yang bakal bikin kamu mendapatkan hiburan maksimal saat di laptop. Sayangnya, dalam sebuah diskusi antar sesama pegiat gadget, aplikasi ini diduga menyusupkan malware yang dapat merusak sistem di PC.

 

5. Ccleaner

Siapa yang familiar dengan aplikasi satu ini? CCleaner diklaim mampu meringankan kerja laptopmu. Sayangnya, registry cleaner yang terdapat dalam aplikasi malah membuat laptop jadi melambat. Bahkan di tahun 2017, CCleaner terbukti malah membawa malware ke laptop penggunanya.

 

6. Foxit Reader

Aplikasi pembuka PDF gratis ini sudah cukup populer karena dapat digunakan untuk melihat/membuka dokumen PDF. Ketika tahun 2017, Foxit Software, developer di balik Foxit Reader, mengumumkan bahwa sistem mereka baru saja diretas hacker dan informasi para penggunanya dicuri oleh mereka.

 

7. Zoom

Meskipun belakangan ini aplikasi ini kian populer, namun Zoom banyak disorot oleh pakar siber karena sistem keamanannya yang rapuh. Salah satunya mempermasalahkan kenapa aplikasi sekelas Zoom tidak memiliki enkripsi end-to-end layaknya aplikasi lainnya. Ini membuat fitur meeting bisa dibobol oleh siapa saja.

Itulah tadi 7 aplikasi yang berbahaya untuk laptop kamu. Bagaimana pendapatmu? Silakan tulis komentarmu di bawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah kehati-hatian kita dalam menginstal aplikasi yang tersedia di internet.

==> Terima Kasih Pejuang Toga <==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *