Aplikasi di Play Store Belum Tentu Aman. Ini Beberapa Cara Mencegahnya

Posted on

Pejuang Toga – Meski Play Store adalah tempat mengunduh aplikasi terpercaya, namun tak semua aplikasi di Play Store bisa dipercaya lho. Nyatanya, ada banyak aplikasi abal-abal di sana. Dan ada saja pengembang yang menanamkan malware di dalamnya. Untuk itu, saya akan memberikan beberapa tips agar kita tidak tertipu dengan aplikasi palsu yang ada di Play Store. Kalian penasaran bukan apa saja tipsnya? Simak artikel berikut dengan baik!

 

TIPS AGAR TIDAK TERTIPU APLIKASI PALSU

 

1. Pastikan nama aplikasi asli, bukan aplikasi yang nama dan tampilannya mirip.

 

2. Periksa nama pengembang atau developer, pastikan tidak mencurigakan, jika perlu kunjungi profilnya termasuk aplikasi apa saja yang sudah dibuat.

 

3. Cek rating dan komentar pengguna yang sudah mendownload, jika lebih banyak jumlah bintang 1, berarti ada yang tidak beres dengan aplikasi tersebut.

 

4. Jumlah download, aplikasi asli atau official pasti memiliki jumlah download setidaknya di atas 10 ribu kali unduhan, kamu perlu berhati-hati jika jumlah download masih dalam hitungan puluhan.

 

5. Preview tampilan yang tidak berkualitas, seperti resolusi gambar yang rendah (low pixel) dan warna yang acak-acakan.

 

6. Perizinan aplikasi palsu biasanya tidak saling berkaitan, contohnya kamu mendownload aplikasi Lampu Flash namun ketika dibuka aplikasi tersebut meminta perizinan untuk mengakses kontak, data, hingga kamera.

 

Itulah beberapa cara untuk mengetahui apakah aplikasi yang ada di Google Play Store aman untuk di download atau di install di smartphone. Aplikasi yang berbahaya bisa sangat merugikan terlebih jika aplikasi tersebut bisa meretas data atau mengambil data penting di dalam smartphone.

==> Terima Kasih Pejuang Toga <==

Gravatar Image
Seorang pemuda yang ingin menjadi phon yang besar agar dapat menjadi tepat berteduh untuk banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *