Apakah Hewan Peliharaan Bisa Menularkan Covid-19?

By | 05/04/2020
pejuang toga

“Katanya corona kan berasal dari kelelawar, berarti kucing sama anjing juga bisa nularin dong? Mereka kan sama-sama hewan.” Diskusi whatsapp grup SMP

Bener Nggak Sih?

Pejuang Toga – Sangat banyak kabar yang beredar seputar virus corona, salah satunya ada anjing yang ternyata positif Covid-19 walaupun kadarnya rendah. Akhirnya, orang-orang yang mempunyai kucing dan anjing semuanya panik.

Virus corona sendiri bukan hal yang baru dalam dunia medis, karena ternyata sudah banyak penyakit yang disebabkan oleh virus corona dari zaman dulu. Bahkan bisa dibilang, 15-30% penyebab pilek adalah virus corona. Namun, terkadang virus tersebut muncul dengan bentuk baru karena corona selalu bermutasi.

Corona mempunyai empat sub-kelompok. Yang pertama adalah Gamma dan delta yaitu corona yang hanya menyebar pada sesama hewan. Dan yang kedua adalah Alfa dan beta yaitu cikal bakal penularan corona dari hewan ke manusia, lalu manusia ke manusia. Corona yang menular dari manusia ke manusia disebut human coronavirus.

Beta coronavirus merupakan biang dari segala wabah human coronavirus seperti SARS, MERS dan Covid-19. Bedanya dengan alfa coronavirus, jika di manusia virus tersebut biasa menyerang pernapasan bagian atas, seperti flu ringan dan sembuhnya juga cepat. Nah, jenis alfa coronavirus ini juga bisa ditemukan di kucing dan anjing.

Selain itu, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing juga mempunyai banyak kesamaan tipe tower sinyal di dalam selnya seperti kita, karena mereka sama-sama mamalia. Sehingga, virus corona tertarik masuk ke sel mereka karena sinyalnya diterima oleh si tower. Tetapi, jika antibodi mereka sudah mempunyai pasukan khusus untuk melawan corona, maka tidak akan kalah dengan virus tersebut.

Nah, lalu mengapa bisa ada anjing yang terkena Covid-19? Jadi, anjing tersebut positif karena tertular oleh majikannya. Tetapi, anjing tersebut justru tidak sakit walaupun tertular virus. Bahkan kasus ketika wabah SARS dulu, ada juga anjing yang tertular tetapi tidak menimbulkan sakit sama sekali, dan anjing tersebut juga tidak menularkan virus itu ke manusia. Jadi, mereka murni terpapar virus dari manusia kemudian virusnya dibunuh oleh imun mereka sendiri.

            Walaupun terbukti tidak menular ke manusia, tetapi jika mempunyai hewan peliharaan, harus rajin menjaga kebersihannya. Misalnya sebelum dan sesudah bermain, harus cuci tangan, batuk dan bersin juga jangan dekat-dekat dengan mereka. Dan jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan tempat tinggal hewan. Pasti tidak mau kan jika cairan batuk kalian yang menempel di bulu anjing peliharaan terpegang oleh orang lain?

Jadi, apakah hewan peliharaan seperti kucing atau anjing bisa menularkan Covid-19? Jawabannya TIDAK. Walaupun terbukti terpapar Covid-19 dari manusia, tetapi mereka tidak menularkan ke manusia, dan virus tersebut langsung dibunuh oleh antibodi hewan tersebut.

==> Terima Kasih Pejuang Toga <==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *