7 SMA TERFAVORIT DI PROVINSI LAMPUNG

By | 20/08/2015

pejuang toga

Blog Era Pemuda memberikan informasi tentang 7 SMA di Provinsi Lampung yang dikategorikan sebagai sekolah favorit. Kategori favorit di dasarkan atas dengan daya saing siswa, torehan prestasi serta ketersediaan dari alat-alat penunjang proses pembelajaran di sekolah yang bersangkutan, Daftar ini menurut beberapa sumber informasi yang admin dengar dan lihat sendiri. Jadi, agree or disagreesilakan berkomentar pada kolom komentar. Tanpa berbasa-bagi lagi admin era pemuda mempersembahkan… ah langsung saja berikut merupakan review dari tiap sekolah :

1. SMANEGERI 1 KOTAGAJAH

pejuang toga

SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH merupakan salah satu sekolah terfavorit di Provinsi Lampung. Wabil khusus di wilayah Lampung Tengah. Terletak di Desa Gajah Timur, Kec. Kotagajah Lampung Tengah. Sekolah ini telah berdiri sejak tahun 1979 dan telah berhasil menelurkan bibit-bibit unggul. Banyak prestasi yang diukir oleh Smansaga (sapaan akrab SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH), baik regional ataupun nasional, bahkan juga telah mencapai internasional. Alumni-alumninya tidak kalah keren,  Anda mengenal Rahmad Darmawan? Atau Coach RD? nah, beliau merupakan salah satu alumni zaman dulu SMA ini. Dan masih banyak lagi kesuksesan-kesuksesan lain yang diraih oleh sekolah dan para alumninya. Smansaga juga pernah mencicipi menjadi sekolah RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional), namun setelah ditiadakannya apa itu RSBI nah status itu hanya tinggal kenangan. Fasilitas disana lumayan lengkap dan yang pastinya suasana kekeluargaan yang eratlah yang selalu dirindukan oleh semua orang yang pernah berada di smansaga ini. Beriman, Berilmu, Berbudaya, dan Berwawasan Global itulah smansaga.

pejuang toga

Smanda Balam. Siapa yang tidak mengenal kesohoran dari SMA ini? Sekolah yang berada di ibukota provinsi Lampung yakni Bandar Lampung ini merupakan salah satu sekolah paling favorit. Dan banyak pula prestasi-prestasi yang berhasil diperoleh oleh para siswa-siswi bahkan sekolahnya sendiri dari tingkat sekolah sampai tingkat internasional. Wow, amazing. Dengan menyandang status favoritnya, untuk menjadi siswa-siswi di sini katanya susah. Ntah itu fakta atau mitos admin tidak tahu menahu. Lulusan dari SMA ini banyak yang meneruskan di PTN-PTN ternama seperti ITB, UGM dan yang lainnya.

pejuang toga

Smalansapaannya. SMA Negeri 9 Bandarlampung terletak di jalan Panglima Polem No. 18 Bandarlampung, di Propinsi Lampung, Kota Bandarlampung, Kecamatan Tanjungkarang Barat, Kelurahan Segalamider. Jalan Panglima Polem membujur arah Utara – Selatan, batas jalan sebelah selatan jalan S A M Ratulangi, sedangkan batas sebelah utaranya jalan Pagar Alam. Letak SMA Negeri 9 Bandarlampung diapit oleh beberapa sekolah, disebelah selatan SMP Negeri 10 Bandarlampung dan SLTP Swasta Wiyatama, sedangkan disebelah utaranya terdapat SMK Swasta Bhakti Utama. Kendaraan umum yang melewati SMA Negeri 9 Bandarlampung adalah mikrolet jururan SAM Ratulangi – Tanjungkarang, sedangkan akses dari jalan Teuku Umar lewat jalan Tupai atau jalan Pagar Alam mengunakan becak. Letak SMA Negeri 9 Bandarlampung tergolong jauh dari pusat keramaian kota, memiliki suasana yang sesuai untuk proses kegiatan belajar mengajar, dengan luas tahan kurang lebih 4 Ha, termasuk salah satu SMA yang luas di kawasan Bandarlampung. Lagi-lagi SMA ini juga memiliki banyak prestasi diberbagai kancah perlombaan, seperti olimpiade, LCT dll.

pejuang toga

Smansa Komet julukannya. Terletak di Kota Metro, salah satu kota di Provinsi Lampung. Sekolah ini favorit karena banyak prestasi-prestasi yang ditelurkan olehnya dan prestasi itu diperoleh oleh siswa-siswi nya atau oleh pihak sekolahnya sendiri. Sama seperti smansaga (SMAN 1 KOTAGAJAH), Smansa komet ini juga dulu menyandang sebagai sekolah RSBI. Seleksi penyaringan masuk siswa-siswi baru juga berlangsung ketat di sekolah ini sehingga dapat dikatakan bibit-bibit baik yang akan diterima untuk menimba ilmu di sekolah ini. Karena terletak di kota, otomatis dengan keberadaannya ini diuntungkan oleh akses dari mana saja, dekat dengan pusat keramaian kota. SMA ini juga memiliki gedung serba guna yang gedeterletak tepat di sebrang gedung utama.

pejuang toga

Sekolah ini merupakan sekolah swasta yang tersohor di Lampung. SMA Al Kautsar yang bernaung di bawah Perguruan Al Kautsar pertama kali menerima murid pada tahun pelajaran 1991/1992. SMA ini letaknya berdekatan dengan Universitas Lampung dan Islamic Center lagi dan lagi dengan prestasinya yang melimpah membuat harum nama dari sekolah ini, dan mengakibatkan animo yang tinggi terhadap siswa-siswi lulusan SMP untuk dapat masuk dan melanjutkan studi di sekolah ini. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap guna menunjang proses pembelajaran di sekolah.

pejuang toga

SMA Negeri 1 Gadingrejo adalah satu-satunya SMA Negeri yang ada di Kecamatan Gadingrejo, yang didirikan pada tahun 1984 di atas lahan seluas 2,89 Ha dengan jumlah bangunan 7 unit. Memiliki visi  yaitu Cerdas Komprehensif & Kompetitif Baik Nasional Maupun Internasional. Dengan fasilitas yang tersedia cukup lengkap dan prestasi banyak mengakibatkan minat calon siswa-siswi banyak yang tertarik untuk memilih sekolah ini sebagai destinasi mereka selanjutnya. Slogannya “Kami Berarti Karena Budi dan Prestasi”.

pejuang toga

SMA Negeri 1 Way Jepara terletak di Way Jepara, Kab. Lampung Timur. Kata-kata yang tak asing dengan sekolah ini yaitu “Berahklak, Berilmu, Berketerampilan, Berkebangsaan dan Berwawasan Global Berdasarkan Iman dan Taqwa”. Meskipun berada di pelosok desa, eksistensi SMA Negeri Way Jepara Lampung Timur patut menjadi contoh sekolah-sekolah lain di perkotaan. Dari versi Kementerian Pendidikan RI, SMA Negeri Way Jepara termasuk urutan ke-33 terbaik nasional. Bahkan sekolah ini terbaik tingkat Propinsi Lampung. Penilaian ini tidak pada hanya prestasi akademik, namun juga non akademik.
Dari penilaian Kementerian Pendidikan RI, SMA Negeri Way Jepara Lampung Timur dari tahun 2011 lalu hingga sekarang, masih menyandang predikat sekolah terbaik tingkat nasional,pada urutan ke tiga puluh tiga. Hal ini,berdasarkan penilaian di bidang prestasi akademik dan non akademik. predikat ini,tentunya menjadi beban berat semua pihak. Dari pihak sekolah, mulai dewan guru, siswa, lingkungan sekolah dan tentunya pemerintah terkait (www.Lampungtoday.com)
Kepala Sekolah SMA Negeri Way Jepara mengungkapkan, pada prestasi akademik tahun lalu, 90% siswanya diterima di perguruan tinggi negeri dan sisanya masuk ke perguruan tinggi swasta. Sementara dari bidang non akademik, termasuk sekolah dengan memiliki lingkungan sekolah terindah. Juga dari segi penataan sarana dan prasarana, mulai ruang belajar serta tata tertib sekolah. Hal ini guna menciptakan iklim sekolah yang sehat, sehingga siswa betah berada di sekolah. Satu hal yang menarik, seluruh siswa mendapatkan fasilitas sama, tanpa ada perbedaan status sosial ekonomi.  Bahkan sebagian siswa dari keluarga miskin mendapatkan keistimewaan tanpa ada biaya sekolah. 

nb: Urutan tidak berdasarkan prioritas dan peringkat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *