5 Trik Jitu dan Ampuh Lolos Test CPNS 2018

By | 19/09/2018
5 Trik Jitu dan Ampuh Lolos Test CPNS 2018

Selamat datang di Erapemuda, pada kesempatan ini kami akan membagikan tips dan trik jitu mengenai Tips dan Trik Jitu untuk dapat lolos dan diterima menjadi bagian abdi negara Republik Indonesia. Tidak dipungkiri lagi bahwasanya pekerjaan sebagai PNS di Indonesia masih menjadi primadona bagi semua kalangan, baik bagi si pejuang PNS sendiri maupun juga primadona bagi calon-calon mertua. Alasannya adalah klasik, yaitu masa depan yang sudah jelas dan pasti. Setelah sekian lama pemerintah Indonesia melalui Kementerian PAN/RB tidak melakukan rekrutmen CPNS dengan melukan moratorium, mulai tahun 2017 dan berlanjut pada tahun 2018 dilakukan kembali rekrutmen CPNS besar-besaran baik di kementerian pusat maupun pemerintahan daerah diberbagai provinsi di Indonesia dengan berbagai formasi. Oke langsung saja kita bahas satu persatu apa saja trik-trik tersebut.

Lihat Peluang Lolos melalui Kuota di Formasi yang tersedia

Masing-masing instansi yang membutuhkan pegawai baru alias CPNS akan memberikan list-list formasi yang dibuka dengan berapa jumlah yang akan diterima, serta kategori lulusan dan jurusan apa yang dibutuhkan. Dari data atau list tersebut kita bisa melihat seberapa besar peluang kita untuk dapat lolos dalam test CPNS tersebut. Contohnya adalah Pak Eko adalah lulusan S1 Teknik Elektro dengan predikat Cumlaude dari Universitas A ingin melakukan pendaftaran CPNS di Kementerian ESDM sebagai Ahli Kelistrikan di Dirjen B, ternyata jumlah yang dapat diterima adalah hanya 1 orang. Artinya, apabila jumlah pelamar pada formasi tersebut adalah 1000 orang, maka kemungkinan Pak Eko memiliki peluang untuk lolos sebesar 1/1000, yaitu 0,001. Jadi menurut kami, membaca peluang dari kuota adalah salah satu hal penting.

Pastikan Formasi yang Didaftari Tersedia Untuk Ijazah Anda

Ya, dalam melakukan pendaftaran CPNS jangan sampai melakukan blunder dengan salah memilih formasi. Maksudnya, apabila kita adalah lulusan S1 Teknik mesin, maka carilah instansi yang membuka formasi untuk teknik mesin, jangan sampai formasi yang anda daftari tidak menyediakan kesempatan untuk alumni teknik mesin.

Perbanyak Latihan Soal Via Komputer/Laptop

Sistem seleksi CPNS yang berbasis computer pada sekarang ini, tentu kondisinya akan berbeda dengan test yang dilakukan berbasis kertas (paper based). Jika anda sering dan merasa sudah mahir dalam mengerjakan soal-soal test CPNS via non-computer, belum tentu akan hasilnya sebaik saat berlatih dengan kertas, ada banyak factor yang terjadi seperti kondisi penglihatan, kondisi fisik yang tidak siap, pikiran yang tidak focus, grogi dan lain-lain. Maka cobalah untuk melatihnya berkali-kali untuk mengerjakan soal-soal tersebut di depan computer secara langsung, untuk melatih atau mensimulasi diri supaya seolah-olah latihan kita seperti benar-benar pada saat test tersebut berlangsung (real).

Perkuat Potensi Diri

Untuk poin ini, akan berkaitan dengan test potensi yang dilakukan oleh beberapa instansi selain test CPNS utama. Biasanya test ini akan berkaitan dengan formasi apa yang kita daftarkan, dan tentunya simultan dengan dari jurusan apakah kita lulus.

Meminta Restu Kepada Orang Tua

Selain melatih diri dengan mengerjakan soal-soal test, meminta restu kepada kedua orang tua adalah hal yang sangat penting dalam menunjang kesuksesan kita dalam menghadapi test CPNS. Ada istilah menyebutkan bahwasannya Ridho Tuhan adalah Ridho nya orang tua. Jadi, sebelum melakukan test, mintalah restu dan doa ke orang tua supaya diberikan kemudahan, kelancaran, dan kelulusan dalam test CPNS yang akan dilalui.

Perbanyak Ibadah

Berusaha tidak hanya cukup hanya sebatas dengan berlatih, berlatih, dan berlatih. Kita juga harus melengkapi usaha kita dengan berdoa dan beribadah kepada Tuhan YME. Beribadahlah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing dengan meminta petunjuk serta kemudahan dalam menghadapi apa yang akan dilakukan dan di cita-citakan. Tapi satu hal yang pasti, usaha dan doa adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Sebagai mahluk Tuhan, kita hanya bisa berusaha semaksimal mungkin, urusan hasil hanya Tuhan YME yang tahu dan menentukan. Sekeras apapun kita dalam berusaha untuk meraih apa yang kita cita-citakan, namun ternyata itu bukan jalan kita, kita tetap akan tidak mendapatkannya, namun Tuhan YME akan mengarahkannya ke jalan yang lebih baik dan mungkin terbaik bagi hidup kita.

Sekian tips yang dapat kami sampaikan, kritik , saran, caci, dan makian silakan tuangkan dalam kolom komentar. Selamat Berjuang !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *